MEREKONSTRUKSI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULELENG MENUJU DIGITALISASI SATUAN PENDIDIKAN

Penulis

  • I Nengah Suastika Penulis
  • A. A. Istri Dewi Adhi Utami Penulis
  • I Wayan Budiarta Penulis
  • Ketut Arsudipta Penulis

Kata Kunci:

implementasi, kebijakan, online

Abstrak

Hampir semua sektor di era industry 5.0 ini sudah melakukan 
digitalisasi. Yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi 
informasi. Hal itu juga yang dilakukan di sektor pendidikan. 
Penelitian 
ini 
bertujuan untuk menganalisis kebijkan 
pembelajaran online pendidikan dasar di Kabupaten Buleleng. 
Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode penelitian 
dan pengembangan pendidikan (Borg and Gall, 1989). Tahapan 
penelitian ini diawali dengan kegiatan define, design, dan 
development. Pada define dilakukan analisis kebutuhan melalui 
studi pustaka dan studi empirik mengenai praktik pembelajaran 
digital di Kabupaten Buleleng pasca Covid-19. Tahap design 
dirancang protetif model kebijakan pendidikan pasca Covid-19 
dan uji expert terhadap protetif. Teknik pengambilan data dalam 
penelitian ini menggunakan angket, studi dokumen, wawancara, 
tes dan focus group discussion. Teknik analisis data yang 
digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. 
Hasil temuan menunjukkan bahwa proses pembelajaran online 
pada sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten 
Buleleng telah disertai dengan kebijakan dari daerah dan diikuti 
dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah. Bentuk 
pembelajaran digital yang ditempuh oleh sekolah dasar dan 
sekolah menengah pertama di Kabupaten Buleleng lebih banyak 
semi pembelajaran daring atau online dan offline. Pelaksanaan 
pembelajaran online masih menyisakan berbagai persoalan bagi 
guru, khususnya dalam mengaplikasikan learning management 
system yang menjadi media untuk melakukan pembelajaran secara asinkronus. Belum banyak guru yang mengisi materi, 
memberikan petujuk belajar, mengisi media pembelajaran dan 
melakukan evaluasi secara digital pada learning management 
system. Siswa juga mengalami kendala dalam mengaplikasikan 
learning management system dan ketersediaan sarana prasarana 
yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran online.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-09

Terbitan

Bagian

Artikel