MEREKONSTRUKSI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULELENG MENUJU DIGITALISASI SATUAN PENDIDIKAN
Kata Kunci:
implementasi, kebijakan, onlineAbstrak
Hampir semua sektor di era industry 5.0 ini sudah melakukan
digitalisasi. Yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi
informasi. Hal itu juga yang dilakukan di sektor pendidikan.
Penelitian
ini
bertujuan untuk menganalisis kebijkan
pembelajaran online pendidikan dasar di Kabupaten Buleleng.
Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode penelitian
dan pengembangan pendidikan (Borg and Gall, 1989). Tahapan
penelitian ini diawali dengan kegiatan define, design, dan
development. Pada define dilakukan analisis kebutuhan melalui
studi pustaka dan studi empirik mengenai praktik pembelajaran
digital di Kabupaten Buleleng pasca Covid-19. Tahap design
dirancang protetif model kebijakan pendidikan pasca Covid-19
dan uji expert terhadap protetif. Teknik pengambilan data dalam
penelitian ini menggunakan angket, studi dokumen, wawancara,
tes dan focus group discussion. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil temuan menunjukkan bahwa proses pembelajaran online
pada sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten
Buleleng telah disertai dengan kebijakan dari daerah dan diikuti
dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah. Bentuk
pembelajaran digital yang ditempuh oleh sekolah dasar dan
sekolah menengah pertama di Kabupaten Buleleng lebih banyak
semi pembelajaran daring atau online dan offline. Pelaksanaan
pembelajaran online masih menyisakan berbagai persoalan bagi
guru, khususnya dalam mengaplikasikan learning management
system yang menjadi media untuk melakukan pembelajaran secara asinkronus. Belum banyak guru yang mengisi materi,
memberikan petujuk belajar, mengisi media pembelajaran dan
melakukan evaluasi secara digital pada learning management
system. Siswa juga mengalami kendala dalam mengaplikasikan
learning management system dan ketersediaan sarana prasarana
yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran online.