PENGUATAN SISTEM INOVASI DAERAH (SIDa) KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • I Nyoman Tika Penulis
  • Putu Indah Rahmawati Penulis
  • I Made Pageh Penulis
  • Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana Penulis
  • I Putu Adhy Wicaksana Adi Saputra Penulis
  • I Gede Suardika Penulis

Kata Kunci:

SIDa, Buleleng, inovasi, penguatan, strategi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi kebijakan dalam mendukung penguatan sistem inovasi daerah Kabupaten Buleleng.  Metode  penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed method. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan  (1) SIDa Kabupaten Buleleng masih belum optimal; (2) merevisi roadmap SIDa 2017 dengan rencana aksi yang lebih relevan;  (3) Strategi kelembagaan SIDa yang sekarang sudah bagus.  
Dalam penataan jaringan, perlu menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, pemerintah desa, masyarakat, LSM di nasional dan internasional untuk bisa menindaklanjuti hasil SIDa dengan lebih operasional dan memberi dampak yang luas baik secara ekonomi maupun sosial; (4) Dalam mendukung penguatan sistem inovasi daerah Buleleng harus berbasis data dan teknologi  informasi secara kelembagaan dikelola dengan satu sistem aplikasi. Rekomendasi sebagai tindak lanjut, yaitu:  (1) Balitbang Inovda membantu 
mengindentifikasi inovasi apa saja yang bisa dikembangkan untuk bisa memberikan dampak ekonomi yang lebih luas dan memberikan PAD bagi Kabupaten Buleleng; (2) Inovasi yang dilaksanakan Perangkat Daerah (PD) sangat penting untuk meningkatkan nilai IKM; (3) Kabupaten Buleleng perlu membuat desa percontohan yang bisa memotivasi desa-desa lain untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Buleleng; (4) Buleleng menyediakan dana pendamping dan bekerjasama dengan perguruan tinggi di Bali untuk bisa mengakses pendanaan yang ada di level nasional dan internasional.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-09

Terbitan

Bagian

Artikel